Tutorial Belajar Pemrograman, membuat game, membuat aplikasi, membuat program, android, game maker, yii, php, CSS, HTML, java, javascript, codeigniter, jquery, Pascal, c++

Sunday, March 18, 2012

Membuat Game Dengan Game Maker ( Ping - Pong Game)

Membuat Game Dengan Game Maker ( Ping - Pong Game) - Kita mungkin pernah mebayangkan bagaimana rasanya jika kita punya game kita sendiri. anda mungkin berfikir kalau membuat game itu sulit, namun ternyata itu sangat mudah dan hanya membutuhkan sebuah software yaitu Game Maker.

Baca juga : Membuat Game Dengan Game Maker Slender Man

Software ini memudahkan anda dalam membuat game anda sendiri anda dapat menyeting karakter pada game anda sendiri, background game, Dll. kali ini saya akan menjelaskan cara membuat game 2D sederhana yaitu Ping - pong.
Pertama - tama anda harus mengunduh Game Maker terlebih dahulu Disini.

Sprites

Sprite adalah tempat kita membuat / mengedit suatu gambar, untuk game ping - pong kita akan membuat tiga buah gambar yaitu : Bola, Garis Batas dan Dayung.

Membuat Bola untuk permainan :

1. Pilih menu Resources > Create Sprite.

Create Sprite


2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi spr_ball. 
3. Pada menu properti plih Edit Sprite ketika jendela baru muncul pilih File > new > Ok.
4. Klik dua kali pada gambar tersebut hingga muncul gambar seperti di bawah :

Create Sprite 2

5. Lakukan seperti gambar di atas, buatlah sebuah gambar lingkaran dan pada bagian shape pilih yang paling akhir. kemudian simpan dengan klik tanda . kemudian klik Ok.


Membuat Garis Batas untuk permainan :

1. Pilih menu Resources > Create Sprite.
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi spr_line. 
3. Pada menu properti plih Edit Sprite ketika jendela baru muncul pilih File > new > Ok.
4. Klik dua kali pada gambar tersebut hingga muncul gambar seperti di bawah :

Create Sprite 3

5. Buatlah gamabar persegi seperti di atas kemudian simpan.

Membuat Dayung untuk permainan :

1. Pilih menu Resources > Create Sprite.
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi spr_paddle.

3. Pada menu properti plih Edit Sprite ketika jendela baru muncul pilih File > new > Ok.
4. Klik dua kali pada gambar tersebut hingga muncul gambar seperti di bawah :

Create Sprite 4

5. Pilih Transform > Resize canvas. ubah Widh : 16 Pixels Height : 100 pixels. buat gambar persegi panjang seperti diatas kemudian simpan.

Objects

Membuat Objek Bola :

1. Pilih menu Resources > Create Object. 
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi ball. pada field Sprite pilih spr_ball kemudian pilih OK.  

Create object

Membuat Objek Line :

1. Pilih menu Resources > Create Object.
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi line. pada field Sprite pilih spr_line kemudian centang pada bagian Solid.

Membuat Objek Paddle :

1. Pilih menu Resources > Create Object.
2. Ketika jendela properti muncul pada kotak nama ubah menjadi paddleR (untuk sisi kanan). pada field Sprite pilih spr_paddle kemudian pilih OK.
3. Lakukan hal yang sama untuk membuat dayung pada sisi kiri dan beri nama paddleL (untuk sisi kiri).
  

Action

Objek permainan tidak akan melakukan pekerjaan jika kita tidak memerintahkanya berkerak kemana. kita harus memberikan perintah untuk membuat suatu objek bergerak atau melakuakan sesuatu jika terjadi event.

Action Objek Bola :

1. Klik 2x pada objek ball. 

create action

2. Klik Add Event > Create.

create event


3. Pilih Move Fixed   .klik kanan. ( ini adalah arah pertama bola tersebut bergerak)
4. Lakukan seperti gambar di bawah, klik Ok :

move fixed

5. Klik kembali pada Add Event > Collison > line.
6. Pilih Bounce Action  klik kanan > Ok.( ini digunakan agar ketika bola membentur tembok ia akan memantul )

7. Klik kembali pada Add Event > Collison > paddleR. ( ini digunakan agar ketika bola membentur dayung ia akan memantul )
8. Pilih  Bounce Action   Pada properti Against pilih all objects

bounce

9. Lakukan hal yang sama untuk  paddleL.

10. klik kembali pada Add event > Other > Outside Room.
11. Pilih Jump To Start   klik Ok.


Action PaddleL

PaddleL akan bergerak jika kita tekan pada keyboard Up/Down.

1. klik 2x pada objek paddleL > Add Event > Keyboard > Up.
2. Pilih Jump To Position  klik kanan. pada jendela properti ubah nilai Y = -10 kemudian centang pada bagian Relative klik OK.

jump to position

3. Klik Add Event > Collison > line.  Pilih Move Fixed   .klik kanan > Ok. ( ini digunakan agar dayung tidak melewati batas garis )


Action PaddleR

PaddleR akan bergerak mengikuti bola yang datang.

1. klik 2x pada objek paddleR > Add Event > Step > Step.
2. Pilih Execute Code. Ingat anda harus selalu melatakan Execute Code pada bagian teratas. 

execute code


















3. Masukan kode berikut ini :



4. klik Ok, Klik Add Event > Collison > line.  Pilih Move Fixed   .klik kanan > Ok. ( ini digunakan agar dayung tidak melewati batas garis ).


Menghitung Score

Sebuah permainan tidak akan seru jika tidak ada hasil scorenya, maka dari itu kita akan membuat penghitung score.

1. Klik 2x pada objek ball. 
2. Pilih Create pada tabel event. 
3. Pilih Set Variable, ubah nama pada veriabel menjadi score1.

varset variable

4. Buatlah Sebuah Set Variable baru dengan nama variabel score2. lakukan seperti diatas.
5. Pilih Execute Code. Ingat anda harus selalu melatakan Execute Code pada bagian teratas. masukan script berikut :



6. Pilih Outside Room pada tabel event. Kemudian pilih Execute Code, kemudian masukan script berikut :



Room

Setelah kita selesai  membuat objek permainan sekarang kita akan membuat sebuah ruangan dimana permainan tersebut berlangsung.

1. Pilih menu Resources > Create Object. 
2. Pada menu properti pilih tab Setting, pada kotak nama ubah menjadi rm_main pada kotak Caption for the room isi dengan pong.

property room

3. Pilih tab Object kemudian buatlah seperti gambar di bawah ini :

room

4. pada saat menggambar paddler ( biru ) jangan sempai tertukar antara kiri dan kanan.

5. Klik simpan, simpan game dengan pilih File > Save As.

Sekarang selesailah game anda, anda tinggal menjalankanya dengan cara mengklik Run .

*Notes game ini di buat dan di test denggan menggunakan Game Maker Lite 8.0 Full Version

Game Dengan Game Maker ( Ping - Pong Game) anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial membuat game dengan game maker lainnya.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Sederhana Ini.

Di Mohon Apabila Anda Ingin Mengcopas Artikel Pada Blog ini Cantumkan URL Sumber.

Sebagai Pengunjung Yang Baik Anda Dapat Meninggalkan Komentar di Blog Sederhana Ini.

Share this post

17 komentar

  1. gan kita error nih

    FATAL ERROR in
    action number 2
    of Collision Event with object paddleR
    for object ball:

    COMPILATION ERROR in code action
    Error in code at line 2:
    move_towards_point(paddleR.x,ball.y-)(paddleR.sprite_height/2,0),5;
    ^
    at position 39: Unexpected symbol in expression.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas.....Andri Palingan Itu Cuma Salah Pada Bagian PaddleR dan Ball .. dan PaddleR 1 lagi ..... yang bagian ball masukan nama object bola anda dan paddleR Masukan nama object paddle musuh / paddle2 .... dan ok pasti gak error lagi

      Delete
  2. iya gan ERROR in
    action number 1
    of Step Event
    for object ball:

    Error in code at line 2:
    move_towards_point(paddleR.x,ball.y - (paddleR.sprite_height/360),5);
    ^
    at position 29: Unknown variable x

    gimanahnih gk jelas....

    ReplyDelete
  3. kg bisa

    FATAL ERROR in
    action number 3
    of Create Event
    for object ball:

    COMPILATION ERROR in code action
    Error in code at line 1:
    10 = 0
    ^
    at position 4: Variable name expected.

    ReplyDelete
  4. Mas.....Bagaimana Cara Membuat Jika Bola Tersebut Kebobolan Ke Tempat Lawan MEndapatkan Score ?? Dan Bagaimana Juga Jika Player Sudah Ada Misalnya 500 Score Dan Ke Level Selanjutnya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika mendapatkan score sudah di jelaskan di atas,,,
      untuk mencapai score tertentu maka pada buat kondisional pada score 1 dan score 2,,,
      misal :
      if(score1>500)or(score2>500){
      pindah ke room berikutnya
      }

      Delete
  5. Replies
    1. sudah di beri event colisson belun di bolanya,,,
      collison terhadap tembok,,,

      Delete
    2. lihat kembali langkan no.6 sampai seterusnya,,,
      tambahkan event collision di bola terhadap line....

      Delete
  6. kok scorenya gak muncul itu gimana ya? tolong kasih bantuan..

    ReplyDelete
  7. :(( ERROR in
    action number 1
    of Step Event
    for object paddleR:

    Error in code at line 2:
    move_towards_point(paddleR.x,ball.y - (paddleR.sprite_height/2.0),5);
    ^
    at position 36: Unknown variable y

    ReplyDelete
  8. iya gan sama scorenya gak nampil :-?

    ReplyDelete
  9. pake game maker brp gan ?
    :-?
    full versi atau g ?

    ReplyDelete
  10. gak bisa nih ERROR in
    action number 1
    of Create Event
    for object obj_bola:

    Error in code at line 6:
    scoreStr = string_insert(string(Score1),'Score: ',7);
    ^
    at position 34: Unknown variable Score1

    ReplyDelete
  11. itu variabel scorenya g ktmu gan,,,
    di buat dlu variabel scorenya,,,
    (o)

    ReplyDelete

:) :) :-) :-) :)) :)) =)) =)) :( :( :-( :-( :(( :(( :d :d :-d :-d @-) @-) :p :p :o :o :>) :>) (o) (o) [-( [-( :-? :-? (p) (p) :-s :-s (m) (m) 8-) 8-) :-t :-t :-b :-b b-( b-( :-# :-# =p~ =p~ :-$ :-$ (b) (b) (f) (f) x-) x-) (k) (k) (h) (h) (c) (c) cheer cheer

 
© Jin Toples Programming
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0